H. Hendra Hidayat Buka Sidang MPL PGIW DKI Jakarta



KAIROSPOS.COM, Jakarta - H. Hendra Hidayat Kepala Biro Bimental Setda DKI Jakarta  mewakili  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berhalangan hadir  membuka Sidang MPL PGIW DKI Jakarta Senin (19/03/2019) di Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Cempaka Baru Jakarta Pusat.

Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Persekutuan Gereja-Gereja Di Indonesia Wilayah DKI Jakarta yang akan berlangsung 19-21 Maret di Hotel Grand Prioritas, Cisarua Bogor. Pembukaan acara didahului ibadah pembukaan yang dilayani Moderamen GBKP Pdt Agustinus Purba. Hendra Hidayat memulai sambutannya dengan membacakan sambutan resmi dari Anies Baswedan. Dalam sambutannya, Gubernur DKI menyampaikan bahwa penduduk DKI  yang majemuk juga merupakan miniatur Indonesia dan menjadi melting pot (red melebur menjadi satu/bhineka tungal ika) yang bermacam-macam suku namun hidup rukun.

Kemajukan adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri. Kepribadian dalam nilai agama, terutama akhlak dan budi pekerti harus ditingkatkan. Dalam rangka itu Sidang MPL PGI kita harapkan mampu merumuskan nilai-nilai Kristen dalam bingkai umat kristiani di DKI Jakarta.
Hendra menyampaikan bahwa Gubernur DKI sudah memanggil dirinya menanyakan terkait tentang GBKP Pasar Minggu dan sudah melakukan pendekatan warga sekitar. “Mari doakan semoga GBKP Pasar Minggu bisa lancar perizinan dalam waktu dekat,” terangnya. Puncak acara yang ditunggu dimulai dengan pukulan gong Hendra Hidayat tanda dimulainya  Sidang MPL PGIW DKI Jakarta.  


Peserta yang hadir cukup banyak diperkirakan 350 orang peserta. Para peserta adalah perwakilan dari gereja-gereja anggota PGIW DKI Jakarta dengan 80 peserta dan mitra PGIW DKI Jakarta. Ketua Panitia Brigjend dr Alexander Ginting, SpP dalam sambutannya menyatakan bahwa acara ini adalah satu batu loncatan GBKP, bahwa GBKP tidak meninggalkan gerakan oikumene dalam lingkup PGIW DKi Jakarta. “Kita terus mendukung gerakan oikumenis gereja, karena GBKP sebagai tuan dan nyonya rumah Sidang MPL,” terangnya.

Sidang MPL PGIW DKI Jakarta mengambil tema bersama PGI lima tahunan yakni “Tuhan Mengangkat Kita Dari Samudera Raya.” (Mazmur 71.20B). Ketua Umum PGIW DKI Jakarta Pdt Manuel Raintung menyatakan bahwa Sidang MPL tujuannya mengevaluasi kehadiran anggota PGIW DKI Jakarta. “Kami sebagai gereja-gereja di Jakarta selalu menggumuli keadaan bangsa. Ketika Anies Baswedan terpilih menjadi kepala daerah kami sepakat mendukung. Sesuai dengan motto maju kotanya bahagia warganya,” ucap Manuel Raintung.
 
Manuel Raintung menyinggung dan meminta perhatian dari pemerintah DKI Jakarta terkait keberadaan GBKP Pasar Minggu, yang  keberadaannya sudah lama dan memiliki gedung gereja sendiri. “Bukan karena GBKP tuan rumah maka kami suarakan, tetapi ini sudah disuarakan di FKUB DKI Jakarta. Diharapkan diberi kemudahan,” ungkapnya. Disampaikan juga, ada 80 peserta Sidang besok di Puncak, dengan mitra-mitranya.



Related Posts:

0 Response to "H. Hendra Hidayat Buka Sidang MPL PGIW DKI Jakarta"

Post a Comment