Badai Pandemi Covid-19, Memperkuat Solidaritas Masyarakat

Tim GMC-19 PGI Lakukan penyemprotan Disinfektan di Masjid Baiturahman Duta Raya, Duri Kepa Jakarta Barat.

KAIROSPOS.comJAKARTA -  Wabah Pandemi Covid-19 dinilai semakin memperkuat solidaritas masyarakat Indonesia, meski mempengaruhi aspek ekonomi. Hal itu terlihat dari sejumlah aksi sosial, seperi pembagian sembilan bahan pokok dan alat kesehatan yang dilakukan oleh individu ataupun lembaga profit dan non profit. 

Lokasi aksi sosial itu berlangsung di Kali Malang, Jakarta Timur, di Rempoa, Jakarta Selatan, dan Kepaduri, Jakarta Barat. Adapun bangunan yang menjadi sasaran penyemprotan disinfektan yakni, gereja, pura, mushola, dan perguruan tinggi. Untuk wilayah Bekasi di Kecamatan  Medan Satria dan Kecamatan. Bekasi Utara Kota Bekasi.

Selain itu, Baitseda House of Prayer, salah satu pelayanan doa di Jakarta, juga melakukan hal yang sama di tengah kondisi ini. Pihaknya menyerahkan 2,4 ton beras dan sejumlah kebutuhan lainnya, seperti mi instan, minyak goreng, dan telur. 
Pondok Pesantren Al-Zaitun Indramayu memberikan 100 Paket Bingkisan Ramadhan pada PEWARNA Indonesia

Al-Zaitun, pesantren modern terbesar di Indonesia yang terletak di Indramayu, Jawa Barat juga menyalurkan 1,5 ton beras dan kebutuhan pokok lainnya kepada sejumlah komunitas masyarakat, termasuk Pewarna Indonesia. 

Bantuan sembako itu diharapkan membantu masyarakat yang terdampak langsung dan tidak langsung pandemi Covid-19. Selain itu, aksi sosial tersebut menumbuhkan dan memperkuat solidaritas di tengah keragaman masyarakat. Bukti nyata rasa persaudaraan sesama anak bangsa tanpa membedakan suku, agama, dan ras.

Berbagai pengalaman menarik dilapangan yang sebelumnya belum pernah dilakukan seperti penyemprotan di Mesjid yang seharusnya tidak boleh memakai sepatu tapi dipersilahkan oleh petugas mesjidnya yang sudah mengetahui standard protokol penyemprotan, rasa terimakasih terlihat dari wajah mereka, tidak ada rasa perbedaan, demikian juga ketika penyemprotan didalam Pure kawasan Rempoa Ciputat pimpinan Pure mengucapkan terimakasih pada masyarakat Kristen yang diwakili oleh PGI dan PEWARNA Indonesia. 

Demikian halnya dengan Sembako yang dititipkan Pdt. Welly Massie pada Kairospos.com atas nama PEWARNA Indonesia untuk dibagikan pada warga yang tidak mampu sangat terdampak. Penerima bantuan sangat berterima kasih pada para donatur yang memberikan tanpa melihat agama dan status sosialnya ini terdistribusi di wilayah Patukangan Selatan, Pondok Aren, Cileduk, dan Cipayung Jakarta Timur.






Related Posts:

0 Response to "Badai Pandemi Covid-19, Memperkuat Solidaritas Masyarakat "

Post a Comment