UPF MENGGELAR WORLD INTERFAITH HARMONY WEEK UNTUK TURUT MENJAGA KERUKUNAN ANTAR AGAMA DALAM SEMANGAT BHINEKA TUNGGAL IKA

KAIROSPOS.COM, Jakarta - Universal Peace Federation (UPF) Internasional telah melahirkan beberapa asosiasi perdamaian yang menjadi pilar organisasi sebagai salah satu upaya dalam  membangun kerangka perdamaian, di antaranya adalah Interreligious Association of Peace and Development (IAPD), yang telah resmi dikukuhkan baik secara global, regional, maupun nasional.  

IAPD merupakan Asosiasi Internasional Antar Agama Untuk Pembangunan Perdamaian Karenanya, akan diadakan sebuah kegiatan Inaugurasi IAPD Indonesia yang pelaksanaannya dilakukan bersamaan dalam semangat memperingati dua belas tahun World Interfaith Harmony Week (Pekan Kerukunan Antar Umat Beragama Sedunia) yang diprakarsai oleh PBB atas usulan Yang Mulia Raja Abdullah II dari Yordania. 

UPF sebagai aliansi global dari perwakilan-perwakilan agama, akademisi, politik, masyarakat sipil dan organisasi non-pemerintahan berkomitmen untuk perdamaian dan persatuan dunia di mana ada kepastian bagi seluruh insan keluarga manusia hidup dan berkarya dalam keharmonisan, kesejahteraan bersama dan saling menghormati, dengan pemerintahan yang baik dan bersih.  Sebagaimana pelaksanaan World Interfaith Harmony Week (WIHW) di tahun-tahun sebelumnya, UPF menghadirkan para pembicara nasional dan internasional yang berasal dari para pemimpin  dan tokoh-tokoh antar agama untuk memberikan dukungan  terhadap upaya-upaya menjaga kerukunan dan pesan-pesan penting demi mencapai perdamaian yang dicita-citakan bersama.
Adapun kegiatan yang mengangkat tema “Building Bridges across Boundaries: Interfaith Harmony in the Spirit of Bhinneka Tunggal Ika” (Menjembatani lintas Batas: Kerukunan antar-Agama dalam Semangat Bhinneka Tunggal Ika) ini melibatkan tokoh atau perwakilan dari agama-agama yang peduli terhadap kebaikan dan kemaslahatan bangsa dan juga dunia.  
World Interfaith Harmony Week (WIHW) Universal Peace Federation kali ini menghadirkan para pemimpin dan tokoh agama dan bangsa dari berbagai Agama  yang ada di Indonesia serta Pembicara dari UPF Internasional dan UPF Asia Pasifik. Adapun Pembicara yang akan hadir yaitu: Prof. Dr. Nasaruddin Umar selaku Ketua Umum dari IAPD Indonesia (Muslim), Pdt. Jimmy Sormin, M.Th (PGI mewakili Kristen), KRHT Astono C. Dana, MM., MBA, (mewakili Hindu), MPU Suhadi Sendjaja, (mewakili Budha), Ws. Li, Suprijadi, (mewakili Konfusius), Pemimpin dan Tokoh Agama dari Katolik dan Aliran Kepercayaan. Acara ini juga akan dihadiri oleh Dr. Ali M. Ngabalin sebagai Tokoh Bangsa, Mrs. Ursula Mc. Lackland selaku Secretary General UPF Asia Pasifik, Mr. Dr. Taj Hamad selaku pimpinan dari UPF Internasional.

Dalam acara ini, Prof. Dr. Nasaruddin Umar akan memberikan pesan penting dan inspirasi tentang tema yang akan dibahas khususnya melalui tujuan dan sasaran utama IAPD Indonesia dalam menjembatani, menjaga kerukunan lintas Agama dalam Semangat Bhineka Tunggal Ika secara kontekstual.

Adapun kegiatan ini akan diselenggarakan pada Hari Jumat, 5 Maret 2020, yang akan dimulai Pukul: 03:30 - 05:30 sore WIB melalui platform Zoom dan Youtube. Untuk tautan pendaftaran mengikuti acara ini dapat diakses melalui link http://shorturl.at/tHIL6
World Interfaith Harmony Week (WIHW) kali ini juga akan menghadirkan Pdt. Louis Pakaila yang akan memberikan pernyataan mengenai pentingnya kerukunan antar agama dalam membangun kerukunan untuk perdamaian. 

Penyelenggaraan World Interfaith Harmony Week (WIHW) UPF kali ini akan dimeriahkan oleh Maria Stefanie, Pencipta lagu dan Penyanyi asal Indonesia yang berdomisili di Australia yang secara khusus akan menyanyikan lagu ciptaannya yang bertemakan menyuarakan perdamaian, kesetaraan dalam keberagaman dengan judul: “The Voice of Peace”.

Peserta yang akan hadir akan berasal dari setiap masyarakat Indonesia dan Internasional yang akan menyaksikan secara virtual melalui link:  http://shorturl.at/tHIL6. Melalui acara ini UPF berharap masyarakat dan setiap stakeholders mendapatkan edukasi, inspirasi, motivasi untuk bersama-sama terus menjaga kerukunan antar Agama dalam konteks keberagaman dan kesatuan bangsa Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Related Posts:

0 Response to "UPF MENGGELAR WORLD INTERFAITH HARMONY WEEK UNTUK TURUT MENJAGA KERUKUNAN ANTAR AGAMA DALAM SEMANGAT BHINEKA TUNGGAL IKA "

Post a Comment