PELAYANAN VAKSINASI COVID-19 PADA GPIB PASAR MINGGU OLEH PUSKESMAS KECAMATANPASAR MINGGU

KAIROSPOS.COM, Jakarta - Pada masa PPKM LEVEL 1 DKI JAKARTA  Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menjelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), mulai 6 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023. Perpanjangan PPKM ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 50 Tahun 2022 untuk Jawa-Bali dan Inmendagri Nomor 51 Tahun 2022 untuk luar Jawa Bali.

Menindak lanjuti hal ini pada tanggal 22-23 Desember 2022  dilaksanakan kegiatan vaksinasi Covid 19 oleh Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu. Kegiatan ini terselenggara setelah diadakannya kordinasi oleh Dr.Yunita sebagai Dokter Umum Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu dengan  Dandy Capryanto Hermawan  dari GPIB Pasar Minggu dengan di fasilitasi oleh bapak Surya Batubara sebagai Ketua 2 PHMJ bidang Gereja dan Masyarakat (Germasa) GPIB Pasar Minggu.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan sesuai hasil Rapat Pimpinan Gubernur DKI Jakarta Rabu pagi  21 Desember 2022 kemudian ditindak lanjuti dengan arahan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta bahwa sepanjang tanggal 21- 24 Desember 2022  agar membuka tambahan layanan vaksinasi covid di gereja-gereja yang ada di wilayah kecamatan terutama gereja-gereja yg besar.
Pelaksanaan kegiatan Vaksinasi pada gereja- gereja sebelum perayaan hari Natal nasional 2022   ini bertujuan untuk memastikan Jemaat yang mengikuti Perayaan Natal  di DKI Jakarta sudah mendapatkan vaksinasi covid-19 sehingga dalam kondisi sehat untuk dirinya dan sehat untuk orang disekitarnya, maka hikmat dan damai perayaan Natal dapat dirasakan kita bersama.
Layanan Vaksinasi Covid-19 yang disediakan adalah Pfizer dengan spesifikasi sebagai berikut : 
Dosis 1 & 2 : Usia 12+
Booster 1 : usia 18+ 
Booster 2 : usia 60+ (khusus Lansia).

Pelaksanaan Vaksinasi dilaksanakan di gedung pertemuan Ichtus milik GPIB Pasar Minggu, dan selama 2 hari pelaksanaannya dengan masa persiapan kurang dari 24 jam kegitan ini dapat menjaring peserta sekitar 100 orang. Kedepan diharapkan dapat disediakan layanan Booster 2 usia 20+ dan booster 3. Kegiatan ini juga dikerjasamakan dengan Komisi Pelayanan Kesehata Ibu Papilaya dan Ibu Sunny P dari GPIB Pasar Minggu.

Dari kegiatan ini dapat dilihat atensi masyarakat terhadap layanan Vaksinasi dari pemerintah dirasakan masih diperlukan karena masyarakat sudah memiliki kesadaran akan arti pentingnya kesehatan melalui vaksinasi covid-19 dimana pada awal pencanangan layanan Vaksinasi covid-19 mendapatkan penolakan dari sebagian masyarakat.

Dalam perkembangannya tahun depan 2023 Presiden Joko Widodo sudah memberikan sinyal  PPKM dicabut dan tentu ini merupakan harapan untuk masa depan yang lebih baik untuk kesehatan masyarakat Indonesia. Walaupun demikian kita tetap di tuntut untuk waspada dan selalu hidup sehat serta menjadikan pelajaran berharga masa Pandemi kemarin agar kita tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan tertib dan baik.(Dandy Capryanto)





Related Posts:

0 Response to "PELAYANAN VAKSINASI COVID-19 PADA GPIB PASAR MINGGU OLEH PUSKESMAS KECAMATANPASAR MINGGU"

Post a Comment