John Palinggi : Umat Kristen Harus Bersatu



KAIROSPOS.COM, Jakarta - Mencermati kondisi gereja gereja saat ini yang semakin lama perpecahan di internal gereja semakin banyak hal ini sangat meprihatinkan salah satu tokoh Kristen dan lintas agama Dr. John Palinggi. Menurut John Palinggi ketua harian Bisma, Perkumpulan Kerukunan Umat Beragama. Disebabkan terlalu tingginya Kebhinekaan dan heterogennya Kristen di Indonesia hingga saat ini tercatat sekte, aliran, ormas Kristen ada 323. 

Ada hal hal yang harus dirukunkan kembali dengan basis kitab suci. Hendaklah kalian bersatu supaya dunia tau itu firman Tuhan bkannya trpecah karena hal hal sepele misalnya pendeta yang satu pintar berkotbah yang lain tidak dan jemaat gerejanya semakin hari semakin banyak, gereja yang satu jemaatnya pindah ke gereja lain sehingga menimbulkan friksi dikalangan pendeta pendeta. Setiap ada masalah jemaat dan pendeta pindah gereja atau bikin gereja baru bahkan bikin sekte yang baru. Jangan menyebarkan firman Tuhan jika didalam internal gereja tidak bisa menyelesaikan konflik. Gereja jangan dijadikan tempat untuk mencari duit.

John Palinggi melanjutkan “Saya menghormati para pendeta, majelis gereja, pekerja gereja yang melayani tanpa pamrih gereja harus memikirkan kesejahteraan mereka, pensiun mereka. Untuk bisa menyelesaikan permasalahan besar saat ini tidak ada cara lain 9(Sembilan) aras gereja harus membentuk Dewan Gereja Indonesia. Jika tidak bisa eksistensi umat Kristen Indonesia terancam. TB Simatupang adalah satu satu tokoh Kristen yang berhasil mempersatukan umat Kristen. Keterbukaan internal gereja dalam pengelolaan dana harus transparan, pengelolaan asset gereja harus ketat. Saya mengecam penjualan asset gereja berupa tanah dan bangunan mengingat saat ini sangat sulit mendapatkan perijinan Gereja. Pemimpin gereja bukan saja harus mampu menyatukan friksi-friksi di lingkungan Kristen tetapi harus mampu juga menyelesaikan permasalahan lintas agama. Bagaimana mungkin bisa membantu persoalan Negara, lintas agama jika persoalan internal Kristen saja tidak mampu diselesaikan”.


Vidio terkait :Mempersatukan anak bangsa Pasca Pilpres 2019

Related Posts:

0 Response to "John Palinggi : Umat Kristen Harus Bersatu"

Post a Comment