Facrulrazi Kecam Aksi Intoleransi di Solo

KAIROSPOS.COM,  SOLO -  Kasus kekerasan dan intoleransi kembali terjadi di Indonesia. Sabtu (08/08) malam, ratusan warga menyerang kediaman almarhum Segaf Al-Jufri yang sedang menggelar acara Midodareni, tradisi yang banyak dilakukan masyarakat Jawa untuk mempersiapkan hari pernikahan. Terjadi perusakan dalam peristiwa tersebut hingga ada korban luka yang harus menjalani perawatan medis.

Bentuk kekerasan dan intolerasni seperti itu tidak bisa dibenarkan atas alasan apapun.

Dengan tegas saya mengecam intoleransi yang terjadi di Solo. Saya minta jajaran Kanwil Kemenag Jawa Tengah dan seluruh Kanwil Kemenag di seluruh provinsi untuk lebih mengintensifkan dialog dengan melibatkan tokoh agama dan aparat sehingga tindak kekerasan yang mengatasnamakan agama tidak terjadi.

Dalam situasi apapun, kita harus dapat menunjukkan bahwa Islam adalah agama rahamatan lil'alamiin, penebar perdamaian, di manapun dan kapanpun.

Pusat Kerukunan Umat Beragama dan FKUB di Kabupaten/Kota agar dapat mengambil inisiatif untuk memfasilitasi proses dialog antar tokoh agama dan berbagai lapisan masyarakat, termasuk aparat untuk menyikapi setiap dinamika kehidupan dan kerukunan, sehingga tidak terjadi anarkisme.

Indonesia adalah negara majemuk. Semua pihak harus saling menghormati. Karenanya, tidak ada tempat bagi intoleransi di negara ini.

Saya berharap aparatur dapat menyelesaikan persoalan ini sesuai dengan koridor hukum. Para pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai undang-undang yang berlaku.

Related Posts:

0 Response to "Facrulrazi Kecam Aksi Intoleransi di Solo"

Post a Comment