Soleman Matipanna : Pengusaha Terancam Bangkrut Dampak Covid19

Ir. Soleman R. Matipanna, MH. bersama Pangdam Jaya dan Polri 

KAIROSPOS.com, Jakarta - Dampak wabah pandemi covid19 yang sangat menakutkan bagi kesehatan masyarakat dan mengancam kehidupan setiap orang ternyata secara langsung sangat berdampak bagi roda perekonomian di Indonesia. Salah satu pelaku dunia usaha seorang pengusaha muda Ir. Soleman R. Matipanna, MH. Direktur PT. Rande Buana Teknik yang bergerak dalam bidang Suppying, Engineering Contractor fabrication Solution, Chemical Construction lulusan Universitas Hasanuddin Makassar Sulsel. Pernah meraih penghargaan Sahabat Muda PEWARNA , Ketua MUKI Bogor serta aktifis pelayanan di penjara ketika diminta pendapatnya mengatakan “Dalam beberapa hal memang masih significan tapi saat ini menghadapi tantangan yang berat apalagi saat ini masih diawal tahun masih membuat planning planning yang sudah disusun capaian capaian yang akan dikejar expansi ekspansi dan bermacam hal. Secara otomatis semua yang direncanakan menjadi rontok dalam hal makro dan mikropun sekarang ekonomi dunia sedang dalam krisis itu tergantung pengusahanya bagaimana menyikapi ini, bagaimana beradtasi dengan situasi kondisi yang ada saat ini cukup berat tidak seperti situasi yang normal. Peranan pemerintah sangat dibutuhkan dalam situasi ini minimal bisa meminimalisir kerugian pengusaha karena mata ratainya cukup banyak seperti kewajiban pada karyawan, kewajiban pada supplier, kegiatan kegiatan terhadap usaha itu semuanya akan terimbas, jadi bagaimana kita bisa bertahan dalam situasi wabah corona saat ini.

Lebih lanjut Sulaiman Matipanna mengatakan “Hubungan dengan relasi dan mitra usaha saat ini cukup baik artinya mau menerima kondisi saat ini seperti proyek yang tertunda pelaksanaanya, order barang keluar tapi barangnya terhambat. Demikian juga dengan jadwal pembayaran yang seharusnya sudah jatuh tempo bayar harus minta ditunda pembayarannya. Tapi yang paling penting bagi saya pribadi adalah bagaimana para karyawan tidak di PHK, tapi untuk perusahaan skala besar tentunya tidak bisa dihindarkan untuk PHK karyawannya minimal dirumahkan. Ada beberapa perusahaan yang hanya sanggup membayar karyawannya hanya setengah saja. Dalam kondisi saat ini semua harus mau menerima kondisi ini. Kalau kita bisacara kebijakan lockdown dengan situasi ekonomi yang sangat rapuh saat ini semua pengusaha harus bisa survive engusahakan apa yang bisa diusahakan, kebijakan lockdown akan menghancurkan dunia usaha, dimana kantor terkunci, perekonomian terkunci, yang penting pemerintah harus bisa mengawasi keluar masuknya masyarakat tetapi perekonomian masih bisa tetap berjalan, paling tidak masyarakat masih bisa bertahan, orang orang yang sudah sukses tabungannya banyak yah fine fine saja" terangnya

Soleman mengatakan "Masih ada satu dua orang yang saat ini masih mencari makan berarti ada pemberi makan berarti ekonomi masih berjalan, tapi kalau benar benar berhenti hanya dirumah saja sedangkan pendapatan tidak ada perut lapar keluarga tidak bisa makan maka pikiran pikiran kriminal bisa terjadi, kecuali pemerintah bisa memberi makan semua masyarakat dari lapisan masyarakat sampai yang palaing bawah, karena banyak masyarakat yang mencari uang sehari habis untuk sehari tidak bisa menabung. Kesadaran masyarakat sangat diperlukan menghadapi situasi situasi ini daya paksa dari pemerintah untuk menertibkan situasi ini sehingga perekonomian bisa tetap berjalan" terangnya.

Related Posts:

0 Response to "Soleman Matipanna : Pengusaha Terancam Bangkrut Dampak Covid19"

Post a Comment